Terkini

Wow! Kakek 99 Tahun Berhasil Galang Dana Rp 231 M untuk Tenaga Medis Inggris

Seorang kakek berusia 99 tahun yang merupakan veteran Perang Dunia II berhasil menggalang dana nyaris 12 juta Poundsterling (Rp 231 miliar) untuk para tenaga medis di Inggris. Kakek ini menggalang dana dengan melakukan tantangan berjalan kaki mengelilingi tamannya sebanyak 100 kali.

Seperti dilansir AFP, Kamis (16/4/2020), Tom Moore (99) yang pernah mengabdi sebagai kapten di India saat Perang Dunia II, mendapat sponsor untuk melakukan tantangan berjalan 100 kali mengelilingi taman sepanjang 25 meter di rumahnya untuk perayaan ulang tahun ke-100 pada akhir bulan ini.

Moore awalnya berencana menggalang dana 1.000 Poundsterling (Rp 19 juta) untuk yayasan amal Dinas Kesehatan Nasional Inggris (NHS) setelah mendapat perawatan untuk tulang pinggulnya yang retak dan penyakit kanker yang dideritanya.

Namun kini jumlah dana yang dikumpulkannya mendekati angka 12 juta Poundsterling. Moore hanya perlu menyelesaikan beberapa putaran terakhir di taman rumahnya di Bedfordshire, Inggris bagian selatan. Dalam misinya ini, Moore dibantu oleh sebuah walking frame atau alat bantu berjalan.

“Sungguh luar biasa bagi para dokter dan perawat di garis depan,” ucap Moore menanggapi jumlah dana yang dia kumpulkan dari aksinya ini.

“Dalam perang terakhir, itu adalah para tentara berseragam di garis depan. Kali ini, tentara kita adalah para dokter dan perawat yang memakai seragam. Kita akan selamat dari ini,” ujarnya kepada acara televisi ITV, Good Morning Britain, awal pekan ini.Selanjutnya Halaman

Aksi penggalangan dana menjadi sorotan karena dilakukan di tengah pandemi virus Corona yang tengah merajalela. Sekitar 600 ribu orang berkontribusi memberikan donasi hingga situs JustGiving yang digunakan dalam penggalangan dana ini sempat crash sementara.

“Sungguh 24 jam yang gila, dan dengan Tom melakukan putaran terakhirnya…besok, kita mengharapkan besok akan sama gilanya,” tulis Moore dalam postingan Twitter-nya pada Rabu (15/4) malam.

Dua acara televisi pagi terbesar di Inggris akan menayangkan 10 putaran terakhir Moore pada Jumat (17/4) besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*