Terkini

World Kidney Day di Makassar, Kesehatan Ginjal untuk Semua

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–World Kidney Day (WKD) 2020 atau Hari Ginjal Sedunia akan diperingati setiap hari Kamis kedua bulan Maret.

Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) cabang Makassar pun turut memperingatinya bersamaan dengan Pernefri cabang lainnya di Indonesia. Pernefri ini merupakan perhimpunan para dokter seminat, khususnya yang bergerak di bidang nefrologi dan hipertensi.

Sejumlah agenda yang akan digelar di Makassar yakni, One Day Seminar (dokter umum), One Day Seminar (awam – pasien HD dan keluarga), kunjungan pasien HD (hemodialisa), dan Fun Walk dan Senam Bersama. Tahun ini tema WKD: “

Kidney Health for Every One Every Where. From Prevention to Detection and Equitable Access to Care.”

“Kami terjemahkan: Kesehatan ginjal untuk semua di mana saja. Mulai dari pencegahan sampai deteksi dini dan pemerataan akses pelayanan,” ujar Ketua Panitia World Kidney Day 2020 di Makassar, dr M Taha Albaar, Sp.PD yang ditemani panitia lainnya, dr Yusuf Haz Condeng dan dr Asyura Abdullah saat berkunjung di Redaksi Harian FAJAR, Senin, 3 Maret.

Adapun One Day Seminar untuk dokter umum digelar di Hotel Claro Makassar, Sabtu, 7 Maret pada pukul 08.00 Wita. Untuk acara di simposium itu akan hadir Prof. Dr. dr. Syakib Bakri, Sp.PD, K-GH; Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD, K-GH, Sp.GK; dan Dr. dr. Hasyim Kasim, Sp.PD, KGH. Di hari yang sama juga akan digelar One Day Seminar untuk awam, pasien HD, dan keluarganya di RS Wahidin Pusat Jantung Terpadu.

Rangkaian kegiatan lainnya Kamis, 12 Maret, pada pukul 10.00 Wita akan ada kunjungan Pasien HD (Hemodialisa) di RS Wahidin, PCC, dan RS Unhas. “Di sana kita bagi-bagi sovenir,” ungkap dr M Taha Albaar.

Untuk agenda puncaknya di hari Minggu, 15 Maret di CFD Boulevard, Depan Kantor Prodia akan digelar Fun Walk dan Senam Bersama pada pukul 06.00 Wita. “Ada senam, jalan santai disertai dengan pemeriksaan tekanan darah untuk peserta yang ikut,” tuturnya. (ham)