Terkini

Wisata Pantai Yang Anti Mainstream Di Indonesia

Sudah banyak tempat wisata di Indonesia yang tidak hanya dikenal oleh wisatawan dalam negeri, namun juga luar negeri. Namun begitu, masih banyak tempat wisata yang belum begitu familiar di telinga kita karena belum sempat dieksplor lebih dalam.  Keindahan, kesejukan, serta eksotisannya bahkan bisa dibilang tidak ada tandingannya di dunia ini.

Penasaran? Silahkan kunjungi beberapa destinasi berikut ini.

1.  Pantai Timang, Gunungkidul

Terletak sekitar tiga jam dari Yogyakarta, pantai ini mempunyai dua bagian dengan karakteristik berbeda. Bagian timur memiliki panorama yang eksotis dengan pasir putihnya yang nampak hangat dipandang mata. Tapi berbeda 180 derajat ketika menengok di sebelah barat. Di sana ada sebuah pulau yang hanya berisi batuan cadas berukuran besar. Pulau berbatu ini bernama Pulau Timang. Nah yang paling menarik dari pantai ini adalah kereta gantung yang pastinya bakal memacu adrenalinmu.

Sensasi seru saat menyeberang menggunakan kereta gantung awalnya bakal membuat kakimu gemeteran. Namun kamu bakalan terpana dengan deburan ombak di laut yang sedikit menerpa wajah dan tubuh. Sementara itu, keindahan lautan yang eksotis bakal membuatmu lupa jika tengah berada di ketinggian 9-11 meter dari permukaan laut. Nah, dari atas sini lah beberapa wisatawan mengabadikan foto cantik yang tentu saja membuat siapapun iri.

 

2. Pulau Tunda, Kepulauan Seribu

Tidak seperti Pulau wisata lain di Kepulauan Seribu, Pulau Tunda belum sepenuhnya didisain menjadi pulau wisata sehingga kita tidak akan menemukan banyak pedangan makanan maupun cinderamata disini. Meskipun begitu, bukan berarti liburan anti mainstream kita tidak bisa menyenangkan.
Hal pertama yang harus dinanti – nanti ketiba berwisata ke Pulau Tunda adalah pemandangan bawah lautnya. Disini kita akan disuguhi oleh hardcoral yang berwarna – warni dan cenderung mendominasi keragaman terumbu karang di Pulau Tunda. Tetapi, walaupun hardcoral mendominasi, disini pada Wisata Pulau Tunda kita, kalian akan tetap menemui rumah Anemon milik Nemo dan teman – temannya lho. Kalian tahukan apa itu Nemo ? yups benar sekali, Nemo adalah Ikan Badut. Pada penjelajahan bawah laut Pulau Tunda ini kalian akan banyak menemui ikan – ikan kecil sejenis ikan badut.

Akan ada Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Wisata Pulau Tunda adalah memancing. Pulau Tunda bisa dibilang surganya memancing oleh mereka yang hobi pancing. Disini kalian akan menemukan ikan – ikan besar yang siap dinaikan kedarat dan bisa menjadi santapan Anda selama berada di Pulau Tunda.

Oiya, masih ada satu hal lagi yang bisa kalian lakukan selama berlibur di Pulau Tunda yaitu berbagi buku untuk mengisi koleksi taman baca di Pulau Tunda. Kalian bisa membawa buku yang ingin disumbangkan untuk selanjutnya diberikan kepada pengurus taman baca. Untuk buku yang bisa disumbangkan bebas kok, mau buku bacaan anak – anak atau mau buku bacaan yang lebih berat juga boleh, semuanya akan diterima mau itu buku baru maupaun buku lama. Benar – benar liburan yang anti mainstream kan ? Bukan saja dari pilihan lokasi liburannya tetapi juga dari serentetan kegitan Wisata Pulau Tunda yang dilakukan selama berlibur.

 

3. Pantai Rambak, Bangka Belitung

Dari sekian banyak pantai yang mengelilingi Pulau Bangka, kota Sungailiat menawarkan koleksi terbesar pantai, dan beberapa yang paling unik, tidak ditemukan di tempat lain. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Rambak yang indah.

Tidak terlalu jauh dari pusat Sungailiat, Pantai Rambak dengan sempurna menggabungkan pasir luasyang lembut membentang bergabung mulus ke dalam air pirus Selat Kalimata yang berkilau. Batu granit besar menonjol dari air tampak bertentangan dengan penampilan yang tenang pantai itu. Yang jelas, langit biru membentang di atas cakrawala, dihiasi secara sporadis dengan awan putih lembut.

Tepi luar pantai berkarpet rumput dan pohon rindang yang teduh. Beberapa gubuk kecil juga melapisi pinggiran pantai bersama-sama dengan warung-warung sederhana yang menjual makanan segar dan minuman dingin.

Teluk Berbatu di ujung utara pantai adalah salah satu atraksi utama membua pengunjung bertanya-tanya bagaimana batu-batu besar seperti itu membuat jalan ke pantai ini. Terletak di pantai timur pulau, pantai Rambak adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan larut pagi untuk mengapresiasi keindahan matahari terbit di perairan.

 

Tunggu apa lagi, ayo manfaatkan waktu biat berlibur.