Terkini

Tepung Sagu Bantu Atasi Mag itu Mitos

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Salah satu blog seputar kesehatan membahas bahwa tepung sagu ampuh untuk mengobati penderita mag. Sehingga penderita mag tidak perlu khawatir dan berobat mahal-mahal agar lekas sembuh.

Dalam blog tersebut menuliskan, penderita mag pasti pernah merasakan kembung, mual, serta kadang-kadang nyerinya hingga ke kepala. Dewasa ini, sakit yang satu itu dapat dihadapi siapa juga baik muda ataupun tua. Pemicunya juga bermacam, bukan sekadar disebabkan tak teraturnya pola makan, stres, mengonsumsi alkohol, mengunyah makanan kurnag halus, juga sangatlah memengaruhi keadaan kesehatan mag.

Bila telah begini, sering penderintanya mengambil jalan pintas konsumsi beragam obat-obatan pereda nyeri dari yang murah, ataupun mahal. Tetapi tanpa kita sadari obat yang kita konsumsi mempunyai dampak bagi kesehatan.

Namun, tidak perlu khawatir penyakit mag yang mengganggu kesibukan nyatanya bisa diobati tanpa perlu menggunakan banyak biaya. Yaitu dengan tepung sagu, mempunyai daya perekat yang dapat mengatasi mag. Bahkan, juga bisa digunakan bagi penderita mag akut.

Cara pembuatannya pun cukup mudah yakni dengan mencampurkan tepung sagu, gula aren, air panas kemudian diminum tiga kali dalam sehari.

Menanggapi hal ini, Dosen Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFA) Makassar, Nurul Afrianti Yusuf SFarm, mengatakan bahwa pembuatan resep tepung sagu bisa mengatasi mag tidak ilmiah. Hanya saja mekanisme kerjanya karena tepung sagu adalah karbohidrat sehingga membentuk mucilago atau lapisan seperti lendir yang melapisi lambung jadi melindungi permukaan yang luka.

“Saya tidak membenarkan hal tersebut, mungkin pengalamannya orang saja. Karena logikanya penderita mag makan nasi pun akan terobati nyerinya, begitu pun dengan karbo lain.

Dia juga tidak menyalahkan tentang tepung sagu tersebut. Karena jika arah tepung tersebut ingin dijadikan obat mag maka, semua tepung pasti akan diolah menjadi obat mag. Namun, perlu dikaji dan diteliti kembali. (ica)