Terkini

Telan Ribuan Nyawa, Belum Ada Obat untuk Virus Corona

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyebaran virus Corona / Covid-19 semakin hari semakin meluas, di Indonesia sendiri, menurut data terbaru, sudah 69 orang yang positif terjangkit virus mematikan tersebut.

Kepala instalasi infrection centre Rumah Sakit Wahidin, Muh.Ilyas mengatakan virus Corona dapat ditularkan lewat hewan ke manusia, selain itu penyebarannya juga bisa lewat manusia ke manusia seperti kebanyakan kasus yang terjadi sekarang.

“Virus Corona itu dapat menyebar lewat hewan ke manusia, akan tetapi yang sekarang kita waspaai penyebaran virus dari manusia ke manusia seperti banyak kasus yang terjadi,” Kata Ilyas kepada fajar.co.id, Sabtu (14/3/2020)

Disinggung mengenai penyebaran virus Corona bisa menyebar lewat uang. Ia membenarkan hal tersebut. “Itu bisa saja terjadi, bukan hanya uang, akan tetapi benda yang terkontaminasi virus dari orang positif Corona misalnya percikan batuk mengenai benda terus dipegang lagi orang kemudian menyentuh bagian wajah, itu berpotensi menular,” ungkapnya.

Mengenai pencegahan, dirinya berpesan upayakan pola hidup yang sehat, jangan konsumsi daging mentah, cuci tangan secara berkala setelah menyentuh benda-benda yang dicurigai bisa menularkan Virus. Jangan lupa gunakan masker jika berada di tempat keramaian yang berpotensi menularkan penyakit, walaupun penderitalah yang paling wajib menggunakan masker,” kata dia.

Untuk saat ini, belum ada obat khusus virus Corona. “Memang di luar negeri sempat beredar yang bisa memberikan efek terhadap Virus Corona, termasuk klorofil yang diketahui anti malaria, tetapi itu belum diterima secara umum. Jadi kesimpulan akhirnya belum ada obat khusus Virus Corona dan juga tidak ada vaksin khusus untuk itu,” kata Ilyas.

Sekadar diketahui, WHO menyebut rata-rata pasien Corona yang meninggal memiliki riwayat penyakit lain seperti diabetes, dan penyakit jantung, sehingga membuat beban penderita semakin berat. (Iqbal)