Terkini

Rotary Club Sosialisasi Cegah Thalassemia di Kalangan Milenial

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Rotary club se Makassar naungan district 3420 dari Rotary Internasional melakukan sosialisasi cegah Thalassemia dan screening darah kepada generasi muda yang belum menikah di aula Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis, (27/02/2020).

Sosialisasi ini melibatkan kurang lebih 400 perwakilan pelajar SMA dan SMK yang ada di Makassar dan dilanjutkan dengan tes darah dengan screening bagi pelajar yang memiliki rencana untuk menikah.

Dalam sambutannya District Governor Rotary Indonesia 3420 Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan bahwa Rotary merupakan organisasi Internasional sangat konsen terhadap isu-isu kesehatan salah satunya pencegahan penyakit Thalassemia.

Prof.Dr.dr.Dasril Daud (dokter spesialis anak) yang menjadi pembicara sosialisasi cegah thalassemia menjelaskan, penyakit Thalassemia ini sendiri dikenal sebagai penyakit kelainan darah hererediter (bawaan) oleh orang tua pembawa gen thalassemia.

“Ditandai dengan berkurangnya atau tidak adanya sintesia (pembentukan) rantai globin normal (α dan β) sehingga mengakibatkan jumlah hemoglobia di dalam tubuh berkurang. Tubuh yang kekurangan hemoglobia akan rentan terkena berbagai penyakit seperti anemia dan sesak nafas yang jangka panjang dapat menyebabkan kematian,”bebernya.

Selain itu kedatangannya di Makassar juga melakukan agenda DG Visit yang bertujuan untuk memberi arahan strategis kepada club terhadap agenda Rotary Internasional kedepan. DI Sulawesi Selatan sendiri kali ini teradapat tiga (3) Club yaitu Ujung Pandang, Anging Mammiri dan Makassar.

Ditempat terpisah Abd Malik Faisal, selaku Past President Rotary club Ujung Pandang, yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel mengatakan bahwa sebagai Rotarian perlu mendukung program kegiatan dari Rotary Internasional, dan berharap masyarakat dapat memfaatkan edukasi ini. (rls)