Terkini

Prinsip Kerja Dalam Menggapai Sukses

Prinsip kerja tidak selalu dimiliki oleh semua orang, padahal semua orang pasti memiliki definisinya masing-masing mengenai kesuksesan. Meskipun perbedaan dari definisi sukses begitu beragam,  terdapat beberapa prinsip kerja untuk mencapai kesuksesan yang bisa kamu aplikasikan secara universal.
Prinsip kerja ini harus kamu selalu lakukan dan tumbuhkan, apapun pekerjaan, bakat, minat, dan tujuan hidupmu.

Berikut beberapa prinsip kerja yang boleh diikuti dalam meraih kesuksesan.

Contoh diambil dari buku A Paperboy’s Fable: The 11 Principles of Success, yang ditulis oleh Deep Patel.

1. Manfaatkan Kreativitas & Kecerdikanmu

Bagi penulis buku A Paperboy’s Fable: The 11 Principles of Success, Deep Patel, prinsip kerja memanfaatkan kecerdikan berarti memanfaatkan kreativitas yang awalnya tidak diketahuinya. Bahkan buku A Paperboy’s Fable yang membawanya meraih sukses pada awalnya diawali oleh ketidaksengajaan.
Ia memulai pengerjaan buku tersebut sejak mengikuti kelas menulis kreatif yang sebenarnya tidak ia daftar sebelumnya.

Prinsip kerja yang satu ini dimulainya saat ia bekerja sebagai script editor dan konsultan kreatif untuk Charlie Sheen. Namun berkat kelas menulis kreatif serta kelas bahasa Inggris yang ia ikuti, Patel mampu menggunakan prinsip kerja memanfaatkan kreativitas untuk bisa mendalami hal selain profesinya saat itu. Setelah kelas tersebut selesai ia ikuti, muncul ide untuk menulis buku A Paperboy’s Fable. Kisah dalam buku tersebut terinspirasi dari ayah Patel yang pernah berprofesi sebagai pengantar koran saat berusia remaja.

 

2. Kenali Kesempatan yang Ada

Prinsip kerja kedua yang digunakan oleh Patel untuk bisa menulis karya terkenal seperti A Paperboy’s Fable adalah mampu mengenali kesempatan yang ada. Begitu Patel menyelesaikan draft pertama dari buku tersebut, ia menyadari bahwa ia memiliki kesempatan besar yang harus segera diambilnya saat itu juga.

Tidak sekadar mengenali kesempatan, prinsip kerja tersebut disambut Patel dengan bermodal nekat untuk menawarkan karyanya kepada penerbit. Setelah beberapa saat, draft awal A Paperboy’s Fable akhirnya berhasil mendapatkan perhatian penerbit Post Hill Press. Penerbit tersebut setuju untuk menerbitkannya, namun dengan satu syarat, yaitu menambahkan konten wawancara dengan para pengusaha dan profesor.

 

3.  Bangun Jejaring

Membangun jejaring adalah prinsip kerja yang sangat penting dalam menuju kesuksesan. Apapun pekerjaanmu, jika kamu telaten dalam membangun dan mempertahankan jejaring, kamu akan dapat membuka banyak kesempatan dan solusi dari masalah-masalahmu. Patel, misalnya, menyadari bahwa jejaring bisa menjadi sangat penting saat ia butuh akses pada orang-orang terkenal untuk diwawancarai dalam bukunya.

Pada awalnya ia tidak mengerti bagaimana cara untuk bisa mendekati orang-orang penting ini untuk diwawancarai. Ia pun menggunakan prinsip kerja berjejaring dengan memanfaatkan orang-orang yang ia kenal dan meminta bantuan untuk dikenalkan pada para orang penting yang ingin diwawancarainya.

Dengan menggunakan koneksi yang strategis, ia mampu membangun jejaring dengan cepat. Tidak hanya itu, ia juga berhasil menjangkau dan meminta para tokoh-tokoh berpengaruh tersebut untuk diwawancarai.

Patel menghindari penggunaan mass e-mail, dan lebih memilih e-mail dengan sentuhan personal. Setiap e-mail yang dikirimnya ditulis dengan riset yang mendalam dan akurat. Hal ini menunjukkan bahwa Patel tidak menggunakan prinsip kerja berjejaring dengan asal-asalan, tapi juga dengan serius dan menghargai orang lain.

 

4. Pertahankan Konsistensi

Konsistensi adalah kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sama terus menerus. Prinsip kerja ini akan sangat membantumu dalam meraih kesuksesan yang besar dalam jangka panjang.
Patel sendiri tidak berhenti menjaga hubungan dengan para koneksinya bahkan setelah bukunya diterbitkan. Bahkan prinsip kerjanya dalam membangun dan menjaga hubungan secara konsisten membawanya pada kesempatan-kesempatan baru. Contohnya, ia kini berkontribusi dalam menulis beberapa publikasi penting. Ia juga terus berperan penting dalam dunia entrepreneur dengan melakukan banyak wawancara dengan orang-orang yang mendobrak batasan bisnis serta para pemimpin berpengaruh.

 

5. Terus Bereksplorasi

Sangat jelas bahwa Deep Patel adalah seseorang yang selalu mencari cara untuk mendorong dirinya keluar dari zona nyaman dan memperluas wawasan. Prinsip kerja inilah yang membawanya kini menjadi seorang internship di Slyde Handboards, sebuah bisnis surfing di Southern California yang sukses masuk dalam acara Shark Tank di saluran ABC serta menerima dukungan dari Mark Cuban dan Ashton Kutcher. Kisah barunya ini dimulai setelah Patel mewawancarai para pendirinya, yaitu Steve dan Angela Watts untuk Huffington Post serta terus menjaga kontak setelahnya. Patel menyadari bahwa jika ia terus konsisten dan memiliki prinsip kerja terus bereksplorasi, ia akan mendapatkan banyak pengalaman di banyak bidang berbeda.

 

6. Siapkan Masa Depan

 

Patel terus membuat project-project baru dan terus memiliki prinsip kerja menatap masa depan. Ia kini sedang menyelesaikan buku keduanya, The Gray Veil, cerita tentang seorang gangster yang mengidap penyakit Alzheimer.

Itu tadi enam prinsip kerja yang bisa kamu praktikkan dan kembangkan untuk mendapat kesuksesan di masa depan. Prinsip kerja tersebut berlaku untuk apapun bidang yang kamu dalami. Terus bermimpi dan berjuanglah.