Terkini

Pilihan Kopi Terbaik Indonesia yang Wajib Dicoba

Selain bumbu rempah-rempah Indonesia juga memiliki beragam biji kopi terbaik dan mendunia. Jadi jangan ngaku pecinta kopi kalau belum mencoba kopi terbaik lokal ini. Kopi terbaik Indonesia ini bahkan telah menembus pasar Internasional.

Berikut beberapa jenis kopi arabika terbaik dari lima daerah di Indonesia yang wajib kawan coba:

1. Kopi Wamena, Papua

Kopi ini bersumber dari pegunungan Kabupaten Wamena Propinsi Papua. Kopi ini memiliki kualitas tinggi karena termasuk jenis kopi Arabica yang berasal dari biji kopi dengan penanaman serta pemeliharaannya secara organik.

Kopi wamena juga termasuk kopi terbaik yang memiliki rating lebih baik dari beberapa jenis kopi lainnya di Indonesia. Jenis ini tidak terlalu banyak mengandung ampas dan pilihan yang tepat untuk menemani kamu menikmati me time.
Kopi ini memiliki kadar asam yang rendah sehingga kopi ini sangat ringan saat dinikmati.

 

2. Kopi Puntang, Jawa Barat

Kopi Gunung Puntang memang nyaris tak terdengar, sebelum menjadi jawara. Gunung Puntang hanyalah gunung yang wilayahnya tak luput dari perambahan. Lahannya yang dialihfungsikan menimbulkan masalah lingkungan.

Siapa sangka kopi dari Gunung Puntang ini banyak dicari penikmat kopi. Sunda gulali adalah julukan untuk kopi dari Gunung Puntang, karakteristiknya yang manis sedikit asam kopi tersebut sangat cocok di lidah. saat di seruput kopi tersebut memiliki rasa buah lokal seperti pisang, jambu biji, dan nangka.

 

3. Kopi Gayo, Aceh

Jika kawan mengaku penikmat kopi, tentulah tidak asing dengan kopi ini. Kopi yang berasal dari daerah Tanah Gayo Aceh Tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun yang diekspor ke luar negeri. Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini sangat disukai. Bahkan, kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, kopi Gayo memberi aroma gurih pada setiap tegukan.

 

4. Kopi Flores Bajawa, Nusa Tenggara Timur

Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan, siapa sangka daerah ini ternyata juga menghasilkan kopi yang tak kalah nikmatnya. Kopi Flores Bajawa namanya, sebuah kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada. Kopi ini tumbuh di dataran Flores yang subur meskipun di kelilingi oleh pegunungan yang masih aktif maupun tidak. Tanah dari tempat kopi ini dihasilkan, ternyata mengandung andosols subur dari abu gunung berapi yang ternyata sangat baik untuk menanam kopi. Dan jadilah kopi Flores Bajawa yang nikmatnya tak kalah dengan kopi nusantara lainnya. Kopi Flores Bajawa melalui proses giling basah. Kopi ini memiliki sedikit aroma cokelat, spicy, strong, citrus, bunga, hingga kayu dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

 

5. Kopi Toraja, Sulawesi Selatan

“Kopi Toraja adalah jenis kopi Arabica yang disebut “queen of coffe”. Cirinya adalah kopi ini memiliki aroma khas seperti aroma tanah. Rasa pahitnya menonjol, namun dengan kadar asam yang rendah, tidak bikin mual ketika meminumnya.”

Toraja merupakan salah satu kota penghasil kopi arabika di Indonesia, berlokasi di bagian selatan dari Pulau Sulawesi yang didominasi dengan kontur dataran tinggi berupa pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.200 mdpl dan berjenis tanah endapan liat/marine memberikan satu keunggulan yang mampu membuat kualitas kopi dari Tana Toraja memiliki keunikan dari segi karakteristik rasa dan aroma.

Kopi ini memiliki keseimbangan antara rasa coklat hitam dan buah. akan terasa lebih nikmat jika meminumnya tanpa tambahan gula, karena kamu akan merasakan sensasi gurih dan segar ketika meminumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*