Terkini

Panglima Koopsau II Instruksikan Para Danlanud Jajaran Memperhatikan Kesehatan Personelnya

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S, menginstruksikan kepada para Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Dalanud) Jajaran Koopsau II untuk senantiasa memperhatikan kesehatan para personel TNI Angkatan Udara yang ada di Satuannya.

Seperti disampaikan Kepala Penerangan (Kapen) Koopsau II Letkol Sus Drs Husban Abady, M.Ag, dalam siaran persnya, Selasa (31/3/2020), instruksi tersebut dimaksudkan agar personel tersebut selalu siap dalam melaksanakan tugas kapan dan dimanapun juga. Utamanya ketika diminta Pemerintah Daerah untuk membantu upaya pencegahan Virus Corona Covid-19.

“Ini menjadi perhatian khusus Pangkoopsau II, dengan melihat realitas yang ada bahwa penyebaran Virus Corona Covid-19 semakin meluas di Wilayah Indonesia, yang tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh bagi kesehatan dan kesiapan personel TNI Angkatan Udara yang ada di jajaran Koopsau II,” terang Husban Abady.

Dikatakan pula,  personel TNI Angkatan Udara dituntut untuk mengambil peran dan membantu meringankan beban yang dihadapi masyarakat termasuk dalam menghadapi wabah Virus Corona Covid- 19.

“Pangkoopsau II juga menyampaikan arahan Panglima TNI agar Para Komandan Lanud Jajaran untuk meyakinkan bahwa distribusi APD yang melalui Pangkalan udara betul-betul sampai dan diterima Ketua Gugus Tugas Daerah, jangan sampai salah sasaran,” jelas Husban Abady.

Menurut Husban, Pangkoopsau II mewanti-wanti, hendaknya proses penyerahan senantiasa didokumentasikan dan dibuatkan berita acara penyerahan.  “Hal ini dimaksudkan agar tidak ada penyalah gunaan di lapangan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Husban Abady menegaskan instruksi Pangkoopsau II,  agar para Komandan Lanud Jajaran, harus senantiasa mengupdate data yang valid mengenai perkembangan Covid 19 di daerah masing-masing.

“Pangkalan Udara yang berada di daerah perbatasan agar senantiasa waspada terhadap pergerakan orang yang keluar masuk wilayah perbatasan tersebut. Selain itu, juga diharapkan tidak bosan melakukan patrol di daerah masing-masing untuk mensosialisasikan pencegahan Covid 19. Mmenyiapkan protokol rencana evakuasi dan penanganan medis di kantor, kesatriaan jika ada prajurit TNI AU yang positif Covid 19,” pungkas Husban mengutip arahan Panglima Koopsau II.