Terkini

Olahraga Untuk Badan Sehat dan Ideal

Banyak orang memercayai bahwa olahraga dapat membantu menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan.
Hal itu adalah fakta yang sudah dibuktikan sejumlah penelitian.

Aktivitas yang padat serta makanan yang semakin gak sehat membuat kita semakin sadar dan mikir gimana caranya tetap bisa hidup sehat, badan sehat, dan gaya hidup sehat yang lainnya. Akhirnya kita berpikir untuk diet atau makan makanan sehat yang lain nya, atau diet dengan obat dan segala macamnya. Kita lupa bahwa ada satu cara yang sederhana namun semua orang bisa lakuin yaitu berolahraga.

Berikut olahraga yang dapat membantu menjaga kebugaran dan berat badan.

 

1. Jogging

Jogging adalah salah satu cara terbaik untuk membentuk massa otot, membakar kalori, dan menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini bahkan disebut lebih efektif membakar lemak perut dibanding angkat beban. Penelitian lain menemukan bahwa orang yang rutin jogging setidaknya tiga jam per minggu memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal karena penyakit dibanding dengan orang yang tidak rutin jogging.

Sebagai pemula, disarankan untuk mengkombinasikan lari dengan jalan untuk membuat tubuh menyesuaikan diri.  Beralih perlahan dari berjalan ke lari juga akan mencegah robekan pada otot dan tendon. Anda dapat memulai dengan berjalan kaki setidaknya 20 menit per hari selama 4 hari dalam sepekan. Ganti jalan kaki dengan lari secara bertahap untuk akhirnya mendapatkan 30 menit jogging.

 

2. Bersepeda

Bersepeda adalah latihan aerobik yang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan melakukan olahraga ini dengan efektif Anda dapat melancarkan aliran darah. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan kestabilan aliran darah.

Bagi penderita sakit lutut atau gangguan sendi juga disarankan untuk bersepeda. Olahraga ini dapat menguatkan otot kaki dengan alami. Lakukan bersepeda di pagi atau sore hari, yang juga bermanfaat untuk merelaksasi pikiran. Atau lakukan bersepeda saat libur akhir pekan bersama si kecil.

 

3. Yoga

Banyak sekali manfaat yoga yang sudah tak perlu diragukan lagi bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin melakukan yoga, kita bisa mengurangi stres dan membuat tubuh bisa merasa lebih rileks, bahkan yoga baik untuk menurunkan berat badan.
Meningkatkan elastisitas tubuh dan daya tubuh sehingga kamu tak mudah capek dan sakit. Yoga membantu kamu supaya rileks dan tenang. Walaupun gerakannya terlihat tidak capek tapi bisa membuat kamu keringetan.

Biar makin seru bisa sesekali lakukan di luar ruangan bersama dengan teman – temanmu yang menyukai yoga juga. Selain itu kamu juga bisa mengajak temanmu yang jago yoga untuk sesekali mengajarkan gerakan baru.

 

4. Senam Aerobic

Siapa yang nggak tahu senam irama? Sejak zaman SD juga pasti part of senam irama ini sering banget kita lakukan sebelum masuk kelas ‘kan? Enak ‘kan olaharaga, keluar keringet, tapi sambil joget-joget. Bahkan kalau udah hapal sama nyanyian dan irama, kita tanpa sadar jadi ikut nyanyi-nyanyi sendiri kan?

Kamu hanya perlu mencari lagu-lagu untuk senam aerobik saja. Jika masih awam, tanyakan saja mana irama yang cocok untuk pemula, beginner, atau expert. Jika bosan dengan irama yang monotone, padu padankan saja lagu-lagu masa kini dan buat gerakan sendiri yang tetap bisa mengeluarkan keringat kamu. Hemat kan?

Senam irama ini berguna untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh seseorang, dan juga meningkatkan mood kita. Siapa yang gak seneng olahraga sambil joget-joget? Yang terpenting buat perempuan, senam irama bisa mengurangi kita terkena osteoporosis karena memperkuat otot, tulang, dan sendi.

 

5. Skipping

Mungkin ini bukan olahraga yang baru, bahkan waktu kita kecil sering bermain dengan teman-teman menggunakan karet gelang. Nah, waktu kecil aja kita bisa hidup sehat, kenapa sekarang enggak?

Bisa pilih, mau lompat tali tradisional ala waktu kita kecil, atau lompat tali modern yang tinggal beli aja nih talinya? Gampang kok. Lagipula olahraga ini gak melulu dilakuin di rumah doang. Bosen kan? Sambil wisata alam juga oke kok. Pergi ke pantai dan lakukan lompat tali sambil merasakan indahnya pesona pantai di kota mu. Seru bukan?

Kebanyakan orang berpikir, lompat tali hanya untuk yang pengen nambah tinggi. Eitsss, salah loh. Lompat tali bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah kita sehingga semakin menyehatkan kulit, lompat tali cocok juga buat kamu yang lagi diet! Nggak usah nahan nahan nafsu makan, atau bahkan ga makan sama sekali.

Dietlah dengan cara normal dan sehat ya!