Terkini

Mengenal Jenis Teknik Mancing di Laut

Berikut teknik mancing di laut yang kerap dilakukan oleh pemancing Indonesia berikut kita jabarkan satu persatu

1. Teknik mancing ikan di atas batu karang (Rockfishing)

mancing diatas tebing

Lokasi mancing di pinggir pantai yang berkarang cukup terjal lumayan sulit dicapai, banyak pemancing yang meykai spot ini karena tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai batu karang yang curam dan terjal, tentunya berbahaya, jika kamu ragu jangan gunakan teknik ini. Tapi dengan teknik ini kita akan strike mendapatkan ikan dengan ukuran besar.

Untuk piranti atau alat pancing haruslah menggunakan jejer atau joran yang kuat dan senar yang berukuran sedang sebab buruan kita adalah ikan besar. Untuk umpan kita bisa gunakan irisan ikan, udang mati, cacing laut, kepiting kecil, udang hidup, selain itu bisa juga umpan tiruan.

2. Teknik mancing di pinggir pantai (surfishing)

mancing di pinggir pantai

Sering disebut dengan surfishing. Biasanya dilakukan di daerah pinggir pantai berpasir dengan menggunakan joran yang panjangnya sekitar 5 meter. Teknik ini dilakukan dengan melempar sejauh-jauhnya dan dibiarkan mendarat diam ditempat umpan tersebut jatuh, teknik mancing ini harus menggunakan umpan timah pemberat, untuk menahan agar umpan tidak bergerak kembali ke panti

Umpan yang digunakan biasanya irisan ikan, cacing laut, kerang-kerang yang ditemukan ditemukan di pantai, irisan kepiting, udang, ikan hidup selain itu umpan tiruan juga bisa dijadikan alternatif.

3. Teknik memancing ikan di atas darmaga (pierfishing)

mancing di darmaga

Tempat ini disuaki para pemancing dadakan, mereka biasanya membawa keluarga ketika memancing di darmaga. Tapi sebaiknya berhati-hati karena tempat ini berbahaya untuk anak kecil. Teknik yang digunakan yaitu spinning. Umpan yang digunakan sama dengan teknik mancing surfishing

4. Teknik mancing ikan ditengah laut.

Teknik mancing ikan ini sering disebut offshore. Teknik ini mempunyai cara yang bisa dilakukan diantaranya.

Mancing dasaran (bottom fishing)
mancing ditengah laut

Dilakukan diatas perahu yang di jangkar di sebuah lokasi yang dianggap potensial seperti daerah yang terdapat gugusan karangnya, tubiran dll. Menggunakan pemberat dengan bahan timah agar dapat menenggelamkan umpan hingga kedasar laut. Pemberat timah disini disesuaikan dengan kencanganya arus laut di lokasi tersebut.

Untuk alat disesuaikan dengan target ikan yang akan kita pancing, karena mancing di tengah laut bisa mendapatkan ikan kecil juga sangat berpotensi mendapat ikan besar. Jadi gunakan tipe conventional sabab demham senar kenur ukuran menengah dan tali pancing yang cukup panjang kita bisa mendapatkan ikan besar.

Mancing Hentak (jerking)
fishing

Teknik sama dengan mancing dasar, perbedaan mendasar hanya pada umpan yang digunakan. Mancing hentak menggunakan umpan tiruan yang sudah diberi pemberat supaya tenggelam sampai dasar laut. Umpannya biasanya menyerupai ikan kecil, udang, cacing dll.

Melempar umpan dan mengulur kenur/benang hingga umpan sampai dasar laut, kemudian gulur kenur pancing perlahan sambil menggerakkan joran supaya menciptakan gerakan pada umpan agar tampak hidup. Setelah umpan sampai permukaan, tenggelamkan lagi umpannya, kemudian gulung lagi.

Demikian terus berulang-ulang hingga ikan menyambar umpan yang kita pasang. Piranti yang digunakan sama dengan mancing dasar, spinning, baitcasting dan conventional.

Mancing terhanyut (drifting)
mancing

Teknik ini dilakukan dengan menghanyutkan umpan dan menjalankan perahu perlahan diarea sekitar karang/ gugusan terumbu karang tempat ikan berkumpul sehingga umpan akan terliht hidup yang akan memancing perhatian ikan target.

Setelah ikan menyambar umpan kita lemparkan jangkar untuk menangkap ikan yang terkumpul. Alat dan piranti yang digunakan berjenis spinning, baitcasting atau conventional.

Mancing tonda (trolling)
mancing

Target dari mancing tonda adalah ikan-ikan dengan ukuran besar. Piranti yang digunakan adalah conventional. Umpan yang dipakai usahakan umpan hidup/umpan tiruan ataupun umpan segar. Umpan dihela dibelakang perahu.

Jika saat memancing kita sudah memilih tempat yang oke, dan saat itu cuaca sedang bersahabat, umpan yang kita gunakan sudah sesuai, keterampilan yang kita miliki sudah mencukupi, umumnya ikan target jenis apapun akan tertangkap. Namun terkadang ketika semua aspek sudah mendukung, kita tetap membutuhkan faktor peruntungan. Jadi jangan pernah lupa untuk berdoa ketika akan berangkat memancing. Dan jangan lupa menyisihkan hasil tangkapan kita untuk orang yang membutuhkan.

pulang mancing

Demikian teknik mancing di laut yang sudah kita jabarkan sesuai pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*