Terkini

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui penting untuk mengkonsumsi bagi ibu yang sedang menyusui. Hal itu dikarenakan makanan sehat untuk ibu menyusui itu bisa membuat ASI ibu menjadi berkualitas dan membuat produksi ASI melimpah. Tidak hanya itu saja makanan tersebut bermanfaat bagi bayi yang ibu susui. ASI yang berkualitas akan membuat bayi menjadi sehat dan lincah. Bagi setiap ibu yang menyusui tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya.

Sudah banyak diketahui jika bayi sampai umur 6 bulan hanya boleh minum ASI, barulah setelah umur 6 bulan sampai dengan umur 2 tahun bayi boleh diberikan MPASI. ASI mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan bayi sehingga pemberiannya harus sampai usia 2 tahun penuh. Makanan sehat yang dimakan oleh ibu menyusui akan bisa dimakan oleh bayinya juga sebab semua makanan yang dimakan oleh ibu bisa diubah menjadi ASI.

Sebagian ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi, hingga 500 kalori untuk memastikan produk air susu tercukupi. Meski demikian, sebagian ibu menyusui tidak membutuhkan tambahan kalori. Hal ini tergantung dari berat badan sebelum hamil, penambahan berat badan pada masa hamil, dan seberapa aktif kegiatan ibu.

Berikut beberapa jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang bernutrisi tinggi:

1. Kacang Hijau

Selama ini kacang hijau telah dikenal sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Segenggam kacang hijau yang telah direbus dan dikonsumsi setiap harinya bisa bermanfaat bagi ibu yang menyusui sebab melancarkan ASI.  Usahakan untuk meminum air rebusan kacang hijau bersamaan dengan kacang hijaunya.

2. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Tingkat DHA dalam ASI tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi ibu menyusui. Selain itu, DHA dalam salmon juga disebutkan dalam suatu penelitian, mampu mencegah depresi pasca melahirkan. Namun tetap batasi konsumsi salmon hingga 12 ons per minggu, mengingat kemungkinan paparan merkuri pada sang bayi.

3. Telur

Telur sebagai salah satu sumber protein,  merupakan pilihan mudah untuk ibu menyusui. Jika ingin menambah asam lemak esensial pada air susu ibu (ASI), maka pilih telur yang difortifikasi DHA. Sajikan telur rebus ataupun telur orak arik untuk sarapan.

4. Beras coklat

Beras coklat mengandung lebih banyak serat dan nutrisi, sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Beras jenis ini juga tidak akan membuat tingkat gula darah naik drastis setelah mengonsumsinya, jika dibandingkan dengan beras putih.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, rendah kalori dan kaya kandungan vitamin A yang baik untuk bayi dan ibu menyusui. Sayur hijau juga baik dikonsumsi sejak kehamilan. Selain itu, sayuran tersebut juga kaya kalsium, vitamin C, zat besi dan antioksidan yang membantu kesehatan jantung.

6. Kurma

Kurma merupakan salah satu camilan manis yang kaya kandungan kalsium, yang mana dapat mendorong produksi ASI. Kandungan seratnya juga sangat baik untuk ibu menyusui. Kurma juga bermanfaat dikonsumsi sejak masa kehamilan. Selain itu, ibu menyusui juga dapat mengonsumsi kacang almond sebagai sumber kalsium.

7. Roti Gandum

Makanan bergizi yang bisa dikonsumsi oleh ibu yang menyusui adalah roti gandum. Roti gandum kaya akan serat sehingga membuat kenyang lebih lama. Serat pada roti gandum itu bisa membuat bayi kenyang lebih lama dan menyehatkan pencernaan bayi. Mengkonsumsi roti gandum bisa menghindarkan bayi dari sembelit dan menghindari kondisi bayi tidak BAB seminggu.

8. Bayam

Bayam juga kaya akan asam folat. Mengkonsumsi bayam setiap harinya bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi. Di dalam bayam juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah ibu dari anemia. Anemia saat menyusui bisa mengurangi produksi ASI ibu dan membuat ibu mudah kelelahan.