Terkini

Lima Penyakit Manusia Muncul Tiap Tahun, Tiga di Antaranya dari Binatang

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Secara global, World Health Organization (WHO), mengkategorikan permasalahan kesehatan hingga mencapai 68.000 jenis.

Indonesia pun tak lepas dari bahaya kesehatan tersebut dan kita harus terus siaga terhadap kemunculan penyakit-penyakit baru.

Para ahli memperkirakan lima penyakit baru pada manusia muncul tiap tahun, tiga diantaranya bersumber dari binatang.

Salah seorang dokter dari RS Awal Bros Makassar,
DR. dr. H. Rachmat Latief, memaparkan bahwa permasalahan kesehatan makin nyata dan sangat mengancam sehingga masyarakat harus selalu bersiap dan waspada.

Kata dia, hal ini mengingatkan bahwa penyakit kritis dapat menyerang siapa saja dan sebaiknya masyarakat tidak terpaku menghindari hanya suatu penyakit tertentu. Berbagai permasalahan kesehatan dapat terus bertambah akibat banyak faktor, seperti lifestyle, globalisasi hingga perubahan iklim.

“Masyarakat perlu mengantisipasi ancaman penyakit kritis ini dengan mengubah gaya hidup mereka dan lebih menyadari ‘mahalnya’ kesehatan. Penyakit kritis dapat berimplikasi pada aspek psikologis, sosial hingga finansial yang dapat menggoyahkan stabilitas ekonomi dan masa depan keluarga,” seru dr. Rachmat. (wis)
.