Terkini

Kurangi Nyeri Akibat High Heels, Berikut Kiatnya

FAJAR.CO.ID– Sepatu dengan hak tinggi ini memang banyak menjadi pilihan wanita untuk tampil cantik dan menambah tinggi badan.

Namun, sebaiknya berhati-hati kalau sering memakai sepatu hak tinggi. Penggunaan sepatu ini ternyata menyimpan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

Tips Meredakan Nyeri Akibat High Heels

Jika Anda lelah saat menggunakan sepatu hak tinggi, ada beberapa hal yang bisa membantu mengurangi nyeri, yaitu:

Untuk mengurangi ketegangan pada otot, coba letakkan bola tenis di bawah lengkungan kaki. Taruhlah tumit di lantai dan perlahan-lahan gulirkan kaki di atas bola sepanjang telapak kaki.

Ulangi cara ini dengan kaki lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memijat bagian bawah kaki dengan menggunakan ibu jari.

Kurangi frekuensi penggunaan sepatu hak tinggi. Untuk mengurangi cedera, lebih baik membatasi penggunaan sepatu hak tinggi hanya untuk acara tertentu saja.

Untuk nyeri pada otot kaki atau kram, penggunaan obat pereda nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen bisa digunakan. Namun, kalau keluhan tidak membaik, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai.

Agar terhindar dari nyeri dan kram, pakailah sepatu yang tepat. Sepatu yang nyaman tanpa hak sebenarnya adalah pilihan terbaik.

Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan sepatu hak tinggi, maka pilih jenis hak yang tebal untuk meningkatkan stabilitas tubuh. Tipe ini juga dapat membantu meringankan tekanan dengan mendistribusikan beban pada kaki secara lebih merata.

Memang tidak salah mengenakan sepatu hak tinggi, namun penggunaannya harus diperhatikan. Kalau tidak, dampaknya bisa berbahaya. (FR/RH/klikdokter/jpnn/fajar)