Terkini

Kedatangan 156 Pekerja Migran dari Malaysia, Petugas Medis Siaga di Juanda

Sebanyak 156 pekerja migran asal Jatim akan tiba di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda. Puluhan aparat gabungan dari TNI/Polri melakukan persiapan penyambutan.

Pantauan di lokasi, selain aparat gabungan, belasan petugas medis dan ambulance serta 3 bus juga siaga di depan pintu kedatangan. Sementara situasi bandara tampak lengang menjelang kedatangan para pekerja migran.

Sejumlah keluarga pekerja migran tampak menunggu kedatangan keluarganya yang diperkirakan datang sore ini. Syam (26), salah satu dari keluarga para pekerja migran mengaku sengaja datang dari Sampang, Madura bersama keluarga untuk menjemput istrinya.

“Iya ini mau jemput istri saya dari Malaysia. Infonya datang pukul 15.00 WIB nanti,” kata Syam kepada awak medi di lokasi, Selasa

Meski datang ke bandara, Syam mengaku ragu apakah bisa menjemput istrinya dan langsung membawanya pulang. Pasalnya, dia mendengar bahwa setiba di bandara, istrinya dan para pekerja lainnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Saya ndak tahu bisa jemput atau ndak ini. Katanya akan diperiksa kesehatannya semua. Moga-mogahan sehat semua dan bisa langsung pulang,” tutur Syam.

“Ya mungkin kita akan ikuti saja dibawa ke mana. Tapi mudah-mudahan lancar dan sehat semua,” tambahnya.

Ditanya kenapa istrinya nekat pulang ke Indonesia di tengah wabah corona? Syam menyebut karena di Malaysia sedang diberlakukan lockdown. Sehingga seluruh tenaga kerja di sana dipulangkan oleh majikannya.

“Ya di sana tutup semua, terus disuruh pulang ke Indonesia,” ujar Syam.

Sebelumnya, sebanyak 156 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dijadwalkan akan mendarat di Bandara Juanda, sore ini. Sebelum diantar ke kampung halamannya, mereka akan menjalani rapid test untuk mengecek apakah mereka terpapar corona atau Covid-19.

Sesuai jadwal para PMI tersebut akan tiba di Juanda diperkirakan tiba pukul 14.50 WIB menggunakan maskapai Malaysia Airlines.

“Kita akan kedatangan Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia. Yang sudah terkonfirmasi akan landing di Juanda. Jumlahnya ada sebanyak 156 orang,” ujar Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (6/4/2020) petang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*