Terkini

Jeruk Ampuh Hilangkan Bau Badan

FAJAR.CO.ID, FAJAR-– Bau badan tentu sangat mengganggu. Mencegahnya tak hanya dengan menggunakan pewangi, namun bisa dengan mengonsumsi buah jeruk.

Ahli Gizi, Politeknik Kesehatan Makassar, Manjilala SGz MGizi mengatakan, buah citrus seperti lemon, jeruk dan jeruk nipis sangat baik dikonsumsi untuk menghilangkan bau badan. Aromanya yang segar dan kandungan asam serta antioksidannya yang tinggi dapat mengeluarkan racun sisa pembuangan di dalam tubuh.

Buah-buah ini juga sangat bagus dikonsumsi karena kandungan vitamin dan mineralnya yang baik untuk kesehatan. Selain jeruk, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi seledri. Seledri adalah diuretik yang ampuh melawan bau dengan cara mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh penyebab bau tubuh lewat sistem pencernaan.

Juga pada tumbuhan beraroma seperti daun mint dan kemangi yang biasanya dicampur sebagai tambahan makanan. Tak hanya bagus untuk aroma makanan, tetapi juga mengurangi bau badan. Jika Anda penyuka teh hijau, dengan rutin meminumnya, maka Anda juga akan terhindari dari bau badan. Teh hijau memiliki kandungan antibakteri yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. “Minum air putih yang cukup juga akan sama baiknya untuk menghilangkan bau badan,” imbuhnya.

Meski begitu, bagi yang mungkin memiliki bau badan karena faktor genetik, akan sulit untuk menghilangkan baunya. Makanan-makanan tersebut hanya mengurangi baunya saja, tidak menghilangkan secara permanen.

Tidak lupa untuk berhenti mengonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau badan, seperti daging merah. Pun pada bawang putih, sebab adanya zat alisin yang membuat produksi keringat yang banyak. Serta makanan yang mengandung sulfur seperti kol dan lobak, “Meski begitu semuanya juga memiliki manfaat. Jadi pastikan tidak mengonsumsi secara berlerbihan saja,” terangnya.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Hikmah, dr Alwi Andi Mappiasse SpKK PhD FINSDV FAADV mengatakan, seseorang mengalami bau badan juga salah satunya karena faktor makanan yang dikonsumsi, seperti mengonsumsi makanan fast food, daging merah, dan rempah-rempah dengan aroma kuat.

“Karena saat makan ini kerIngat berlebihan keluar. Jadi bisa dikatakan hiperhidrosis,” tambahnya.

Cara menjaganya mulailah untuk mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah agar keringat tidak menimbulkan bau kurang sedap. Selain itu, gunakan sabun yang memiliki kandungan antiseptik dan daun mint. Penggunaan sabun ini untuk memberikan kesegaran di tubuh, sehingga mengurangi produksi keringat.

Dokter yang juga berpraktik di RS Pelamonia ini menambahkan, tubuh memang memiliki bakteri fisiologis, namun jika jumlahnya berlebihan akibat tidak menjaga higienitas dengan baik serta mengatur pola hidup yang sehat, maka bakteri ini akan berkembangan lebih banyak. Akhirnya menimbulkan bau badan. “Olahraga juga dibutuhkan untuk mencegah bau badan. Namun pastikan selalu membersihkan diri usai berolahraga,” ungkap Alumnus Toyama University Japan tersebut. (*)