Terkini

Iqbal Sebut Obat untuk Pasien Corona Sudah Tersedia di Makassar

Sudah beberapa bulan terakhir virus corona menyerang berbagai negara di belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus tersebut sebagai pandemik.

Sudah ribuan nyawa hilang akibat virus mematikan tersebut, salah satu alasannya karena belum ada obat resmi yang beredar.

Namun, obat berjenis antimalaria bernama Chloroquine (Klorokuin) bakal digunakan oleh pasien positif corona di Makassar. Penggunaan obat ini disebut telah sesuai standar.

Hal tersebut dikatakan oleh Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, saat menggelar konferensi pers di aplikasi Zoom.

“Obat ini rencananya akan menjadi second line untuk digunakan bagi pasien Covid-19 ini,” ungkapnya, Kamis (26/3/2020).

Obat ini nantinya bisa dipakai mereka yang merupakan Orang dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP), maupun yang telah positif corona nantinya.

Terlebih, Presiden RI, Jokowi Widodo, juga telah mempersiapkan obat. Sebab, Chloroquine ini telah disetujui penggunannya oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Menurut Iqbal, obat ini telah efektif dalam memulihkan kondisi kesehatan para pasien. Uji coba di Jepang telah membuktikan bahwa pasien Covid-19 dapat disembuhkan melalui Chloroquine. Sehingga pemerintah pusat pun turut memesan obat tersebut. “Saya pikir itu sudah terstandar, dan itu sudah bisa dipakai. Bahkan Pak Presiden juga sudah setujui,” kata Iqbal.

Apabila nantinya dibutuhkan oleh pasien, obat ini sudah tersedia di Rumah Sakit (RS) Rujukan di Makassar. Meski begitu, penggunaan obat ini ditentukan oleh keputusan para dokter yang menangani pasien alias harus ada resep dokter. “Apalagi itukan sudah efektif di Jepang sebagai salah satu obat untuk corona,” tambahnya.

Bahkan menurut Iqbal, obat itu sudah tersedia. “Yah, itu sudah tersedia,” tutupnya.