Terkini

FTI UMI Keluhkan Langkanya Bahan Kimia Pembuatan Disinfektan di Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim dari Fakultas Teknik Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) Makassar melakukan penyemprotan cairan anti virus atau disinfektan di kantor redaksi Fajar, Gedung Graha Pena Lt.4, Makassar, Rabu (18/3/2020).

Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona. Penyemprotan juga menjadi lokasi pertama yang dilakukan FTI UMI di luar kampus Universitas Muslim Indonesia.

Dekan FTI UMI, Sakir Sabara, mengatakan, saat ini di Makassar kekurangan bahan kimia untuk memproduksi cairan disinfektan tersebut.

“Alhamdulillah telah kita lakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Fajar. Ini adalah gedung pertama di luar kampus UMI yang kita semprot,” jelas Sakir.

FTI UMI mengeluhkan kurangnya ketersediaan bahan baku disinfektan di Sulsel khususnya di Makassar. Sehingga sulit baginya untuk memproduksi cairan tersebut secara massal.

“Kita ini di Makassar sulit sekali mendapatkan bahan kimia dan alkohol untuk membuat cairan disinfektan ini,” sambungnya.

Sakir Sabara mendorong pemerintah untuk memastikan ketersediaan bahan kimia disinfektan dengan harga terjangkau.

“Semoga pemerintah bisa hadir menyediakan bahan kimia dengan harga terjangkau sehingga bisa kita produksi massal. Sehingga ke depannya semakin banyak ruang publik yang bisa kita jangkau sebagai pencegahan menyebarnya covid-19,” pungkas Sakir. (endra)