Terkini

Dok, Tiba-tiba Jari Kaki Saya Kaku

FAJAR.CO.ID — Assalamualaikum dokter. Dok apa penyebabnya ketika salah satu jari kaki biasanya tiba-tiba seperti kaku dan tidak bisa digerakkan. Namun hanya sebentar dan kembali semula, tetapi sering terjadi. Apa yang harus saya lakukan dok untuk menghilangkan masalah tersebut?

0837756775xxx
Jawaban :

Walaikumsalam. Jari kaki tidak bisa bergerak, hanya salah satu jari saja yang tiba-tiba kaku namun sebentar saja dan sering terjadi. Ini berarti ada masalah pada sistem yang menggerakkan pada jari kaki tersebut. Penyebab yang paling sering adalah tendon yang menggerakkan sendi tersebut mengalami perubahan bentuk, membesar secara lokal. Sehingga menyebabkan tendon tersebut pada posisi tertentu akan tersangkut pada terowongan tempat tendon bergerak. Tendon yang ukuran diameter sekitar 2-3 mm dan terowongannya sekitar 3-4 mm, maka ketika tendon membesar/membengkak, maka tidak bisa bergerak pada terowongannya, akibat tertahan.

Beberapa kasus kami temukan juga adanya asam urat yang melekat pada tendon tersebut dan bisa juga dipermukaan sendi yang bergerak. Penyebab ini harus dipastikan dahulu. Apakah masih ringan atau berat. Bila masih ringan dan baru saja terjadi, maka bisa berikan obat antiinflamasi minum dan rehabmedik. Jika agak berat, bisa disuntik atau dilakukan tindakan operasi. Terima kasih. (ind/dni)

Dr dr Muhammad Sakti SpOT(K)