Terkini

Cowok Pakai Skincare?

FAJAR.CO.ID– ‘Skincare boys’ is the new normal! Selama ini, makeup dan skincare selalu identik dengan rutinitas cewek. Padahal, baik cewek maupun cowok, sama-sama punya kepentingan untuk merawat dan memperindah diri.

Kondisi-kondisi kulit seperti jerawat, kulit kering, kusam, dan radang juga berpotensi untuk dialami oleh cowok. Itu mengapa, skincare atau perawatan kulit merupakan hal yang wajar dilakukan oleh cowok.

Belum lagi, aktivitas cowok yang seringkali lebih banyak terpapar sinar matahari membuat cowok harusnya jauh lebih ekstra untuk memperhatikan diri. Seperti dikutip dari survei Forbes pada laki-laki di rentang usia 18-44 tahun (29/2), 70 persen pria menggunakan tabir surya dan hampir dua pertiganya menggunakan perawatan kulit wajah.

Tren skincare pun kini makin bergerak ke arah gender netral, membuat cowok-cowok makin yakin untuk turut menjadikannya sebagai rutinitas harian. Misalnya saja, seperti tercatat pada laporan Vogue Business yang mengatakan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada produk-produk skincare yang tak melabeli ‘For Him’ atau ‘For Her’. Merek-merek seperti The Ordinary, salah satunya.

Di dalam negeri, produk-produk kecantikan, seperti skincare dan makeup juga makin banyak yang “ramah” pada laki-laki. Tengok saja merek Rollover Reaction yang sempat menggandeng laki-laki sebagai model untuk produk eyebrow mascara-nya.

Tak hanya dibuktikan dari segi variasi produk skincare untuk laki-laki yang main meningkat, anggapan dan stigma bernuansa negatif pada cowok yang mengenakan skincare pun makin meluruh. Diakui oleh pengikut Zetizen Tio Nugraha yang menyebut, “It’s okay, cowo juga butuh merawat diri cuy,”.

Di sisi lain, kaum hawa pengikut Zetizen juga banyak yang setuju jika cowok turut mengenakan skincare. “Gak papa, pakai skincare itu bukan semata-mata untuk menarik perhatian saja tapi merawat diri,” ujar salah satu pengikut Zetizen, Fatimah Zahra melalui sesi tanya jawab di Instagram.

Well, siapapun tentu berhak memiliki kulit yang terawat kan? So boys, don’t hesitate to take action for your skin face treatment! (rdrmlg)