Terkini

Corona, Hari Kebudayaan 1 April Ditunda

Akibat pandemi corona, pemerintah pusat mengimbau dan melarang diadakannya event untuk sementara waktu. Akibatnya semua acara yang sifatnya mengundang orang banyak ditiadakan dalam waktu dekat.

Salah satu acara besar di Kota Makassar yang ditunda adalah Hari Kebudayaan Kota Makassar, yang rencananya digelar 1 April mendatang.

Menyikapi hal tersebut, Pemkot Makassar bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menggelar rapat koordinasi dengan elemen yang terlibat untuk membahas acara pelaksanaan Hari Kebudayaan ke depan, di Museum Kota Makassar, jalan Balaikota, Kamis, (18/3/2020).

Dalam hasil rakor tersebut, semua pihak bersepakat untuk menunda Hari Kebudayan sampai batas yang ditentukan pemerintah dengan beberapa pertimbangan.

Asisten I Pemkot Makassar, M Sabri mengatakan, keputusan di sini bukan mutlak “Kita lihat dulu kondisi, apakah normal atau tidak. Untuk sementara, Makassar ini kita masih terapkan siaga darurat, jika nanti kondisi tidak normal maka kita sudah siapkan situasi tanggap darurat,menyesuaikan saja tiap daerah,” ungkapnya.

“Oleh karena penundaan hari dan pekan budaya itu tidak mutlak, kita melihat situasi dan perkembangan virus covid-19 di Sulsel,” katanya melanjutkan.

Meskipun ditunda, Kabid Penerapan Seni dan Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas mengimbau kepada semua elemen untuk tetap berbaju adat dalam melaksanakan aktivitas pada 1 April mendatang.

“Rangkain acara hari kebudayaan yang tadinya tanggal 1 sampai 5 April semua kami tunda, kecuali pada tanggal 1 April tetap kita berpakaian baju adat untuk beraktivitas,” kata Herfida.

Lebih jauh, dirinya mengimbau semua pihak tanggal 1 April untuk mengomsumsi makanan tradisional, meskipun hal tersebut bukan suatu kewajiban.

“Seperti tahun lalu, anak-anak sekolah membawa bekal dari rumah kemudian makan bersama di sekolah, begitupun pegawai negeri atau swasta kita mengimbau untuk mengomsumsi makanan atau kue tradisional atau juga minuman tradisional, contohnya Sarabba, itu salah satu contoh minuman tradisional,” paparnya.