Terkini

Cara Jitu Atur Keuangan Agar Bisa Liburan

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, yaitu makan makanan sehat, rutin olahraga, dan liburan. Sayangnya, liburan kerap kali masih dianggap sebagai sesuatu hal yang mahal bagi sebagian orang. Di tengah banyaknya kebutuhan hidup, penghasilan yang pas-pasan, liburan dirasa cuma sebatas angan.

Sebaiknya jangan pesimistis dulu, sebab jika disiplin Anda tentu bisa menyisihkan uang supaya bisa liburan minimal satu kali per tahun. Anda bisa memulainya dengan lima hal berikut ini.

Buat tabungan khusus untuk liburan

Apabila Anda punya destinasi impian yang ingin didatangi, mulai sekarang Anda harus giat menabung. Supaya tabungan aman dan tidak terpakai, Anda bisa mulai membuka tabungan berjangka khusus untuk traveling. Jadi, Anda wajib menyetor uang per bulannya ke tabungan tersebut  dan baru bisa dicairkan sesuai jangka waktu yang telah disepakati dengan bank. Kalau perlu, Anda bisa memilih fitur autodebet dari rekening utama ke rekening tabungan berjangka ini.

Rencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan. Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis. Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut. Ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, Anda sudah memiliki anggaran untuk berbelanja. Namun jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun, karena uang yang tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Menggunakan anggaran tertulis untuk merencanakan pengeluaran dapat meminimalisir Anda dari resiko menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu.

Rencanakan anggaran bulanan secara tertulis, dengan membagi daftar pengeluaran menjadi dua, yaitu: kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer antara lain: makan, biaya transportasi, tagihan listrik, air serta telepon, cicilan rumah, motor serta mobil dan lainnya. Sedangkan kebutuhan tersier antara lain: anggaran untuk shopping baju, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman atau rekan kerja. Selain membiasakan diri membuat anggaran rencana belanja bulanan, Anda juga harus membiasakan diri untuk mematuhi anggaran keuangan yang sudah dibuat.

 

Carilah Penginapan yang Murah

Trik keuangan lainnya yang perlu diterapkan saat berlibur adalah dengan mencari penginapan yang murah dan sesuai budget. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran berlibur nantinya. Untuk itu, buatlah dari awal perincian budget hotel atau penginapan.

Misalnya, Anda memberikan budget Rp350.000 ribu untuk penginapan satu harinya. Anda harus mencari hotel dengan budget seperti yang direncanakan. Anda juga bisa memanfaatkan promo diskon yang seringkali terdapat pada situs-situs online untuk mendapatkan harga terbaik.

 

Membeli Tiket Wisata secara Online

Saat ini semua dilakukan secara online, bahkan untuk membeli tiket wisata sekalipun. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membeli tiket-tiket wisata di berbagai kota ataupun negara dengan harga yang jauh lebih murah. Menghemat biaya pengeluaran untuk tiket wisata tentunya juga akan semakin membuat liburan Anda murah meriah.

 

Langsung Menyisihkan Gaji di Awal

Jika memang memiliki niat yang kuat untuk berlibur, tentunya komitmen untuk menabung harus kuat dimiliki. Untuk itulah, ada baiknya segera sisihkan pemasukan Anda di awal bulan.

Setidaknya, sisihkan 10% pemasukan ke dalam tabungan khusus untuk liburan setiap bulannya. Dengan begitu, menabung lebih mudah dan tidak terhambat karena kebutuhan lainnya. Pemisahan rekening ini juga menghindarkan dari risiko penggunaan kebutuhan sehari-hari.

 

Mengatur keuangan akan sangat bermanfaat untuk rencana liburan yang sudah dibuat. Dengan rencana keuangan yang baik, pengeluaran untuk liburan dapat dihemat sedemikian mungkin. Meskipun begitu, liburan tetap akan menyenangkan dan murah meriah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*