Terkini

Bubur Kacang Hijau Hingga Kue Gandasturi

Kacang hijau adalah sayuran yang lezat dan sangat bergizi. Selain enak, kacang hijau kaya akan protein. Banyak sekali olahan berbahan dasar kacang hijau yang praktis untuk dibuat, salah satunya bubur kacang hijau. Agar cepat lunak saat dimasak, sebaiknya kacang hijau direndam dulu semalaman dan baru dimasak keesokan harinya.

Berikut resep mudah membuat bubur kacang hijau dan variasinya.

Bahan:
250 gr kacang hijau
500 ml santan (200 ml santan instan ditambah air sampai 500 ml)
100 gr gula merah
3 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
½ sdt garam
2 cm jahe geprek
Daun pandan
500 ml air

Pelengkap:
100 ml santan kental

 

Cara membuat:
1. Rendam kacang hijau sampai semuanya terendam air semalaman, lalu keesokan harinya cuci bersih kacang hijau.
2. Rebus kacang hijau dengan air sampai empuk, bila air tinggal sedikit dan kacang hijau belum empuk, maka bisa ditambahkan air.
3. Bila kacang hijau sudah empuk yang ditandakan dengan banyak kacang hijau yang merekah, baru tambahkan gula merah, gula pasir, garam, daun pandan, jahe, dan santan. Aduk rata. Koreksi rasanya dan masak sampai mendidih.
4. Bubur kacang hijau siap disajikan dengan santan kental.

 

Bila bubur kacang hijau tidak habis, bisa dibuat menjadi popsicle kacang hijau, dengan memasukkan bubur kacang hijau dalam cetakan popsicle. Biarkan membeku dalam freezer.

 

Selain popsicle, sisa bubur kacang hijau bisa dibuat Kue Gandasturi, dengan cara mengentalkan bubur kacang Hijau sampai membentuk adonan yang kalis, dibiarkan dingin dan dibentuk bulatan pipih.
Celupkan bulatan kacang hijau ke dalam larutan tepung yang terdiri dari campuran tepung terigu dan tepung beras dan sejumput garam lalu dicampur air baru digoreng dalam minyak panas.

 

 

selamat mencoba