Terkini

Berenang Secara Rutin Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Setuju kan dengan pernyataan bahwa berenang adalah olahraga yang murah dan menyenangkan? Berenang juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Berenang dapat membangun kekuatan tubuh. Sebab, untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Lebih jauh lagi, berenang adalah olah fisik yang akan melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki.

Dilansir dari berbagai media, Secara rinci berikut 10 manfaat kesehatan dari berenang yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu jadikan olahraga rutin.

1. Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler
Sebuah studi menyimpulkan, dalam latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan jantung.

2. Menyehatkan jantung dan paru-paru

Gerakan-gerakan ketika berenang dapat membuat aliran darah lebih lancar dan dengan sendirinya pernapasan akan terlatih menjadi lebih kuat dan panjang. Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan pelari.

3. Membuat tubuh rileks

Berenang dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olah fisik ini disebut-sebut dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Sebagaimana diklaim dalam sebuah penelitian, berenang dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri.

4. Menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat, berenanglah dengan rutin. Dengan berenang selama setengah jam, setidaknya 200-300 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar. Namun itu semua harus didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya ya.

5. Membangun massa otot

Manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas), hingga 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi. Hasil itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.

6. Menjadikan awet muda

Berenang dapat membuat tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang. Menurut riset dari Indiana Unversity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. Dan jika kamu rutin berenang, di usia senja nanti kamu akan terlihat 20 tahun lebih muda.

7. Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler

Sebuah studi menyimpulkan, dalam latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan jantung.

 

Agar maksimal, olahraga ini harus didampingi dengan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*